Tuesday, November 1, 2011

Menumbuhkan ide menulis

Hari Senin, Tgl 1 November 2011
Belajar Menumbuhkan ide menulis 

 Tips Menulis

Add caption
Sebenarnya sih aku dah ngempet banget hari ini gak akan nulis tapi kenyataanya aku tetap saja ingin menulis entah kenapa...aku sendiri juga bingung karena yang aku tau, akukan  ga bisa nulis dan  masih dalam tahap belajar menulis (Masih baru banget....he he he...^_^...). Harap maklum bila ada salah-salah kata.

Pernah suatu saat aku ngebaca buku yang berjudul "Kapan Saat yang Tepat untuk Mulai Menulis?" Oleh: Jonru disitu di tuliskan Sebenarnya, cara untuk mulai menulis sangat gampang: LANGSUNG SAJA MENULIS. Setelah membaca buku itu aku jadi ingin menulis terus, entah apa  yang ada di otakku...entah apa itu...yang penting aku menulis....menulis dan menulis.

Mengutip dari ucapan Pak Jonru dalam bukunya, Bagaimana cara mulai menulis? Ya langsung saja menulis! Mulailah dengan menulis di buku harian. Tulislah apa saja yang Anda rasakan, pikirkan, angankan, dan alami hari ini. Atau mulailah dari blog. Buatlah sebuah blog di Blogspot.com atau Wordpress.com atau Multiply.com. Isilah blog ini dengan apapun yang Anda inginkan. Sebab konsep utama blog adalah kebebasan. Anda bebas mengisi blog Anda dengan apapun yang Anda inginkan, tak ada yang melarang.

Denga ungkapan kata itu aku menjadi bersemangat untuk menulis kembali. karena memang menulis bukan suatu keahlian yang khusus di berikan kepada orang tertentu atau hanya bisa di dapat dari sekolah dan bangku perkuliahan tapi bisa di pelajari oleh siapa saja bagi orang yang mau belajar menulis. untuk itu perlunya praktek dan praktek agar tulisan kita semakin mempunyai alur dan arah yang jelas.

Tulislah semua yang ada di otakmu, keluarkan dan kembangkan dalam bentuk karangan hingga menjadi beberapa tulisan dalam bentuk paragraf  dan menjadi sebuah kalimat yang mungkin unik bahkan menarik untuk di baca. Serta kuasai banyak kosa kata yang banyak. semakin banyak semakin bagus, mungkin masih asing di telingamu kosa kata otu tapi itulah guannya belajar, agar lebih mengerti banyaknya ragam kosa kata yang harus kita pahami dan kita pelajari agar tulisan menjadi lebih baik, indah dan enak di baca.

Dalam hal mengumpulkan kosa kata ini saja aku masih kerap kerepotan karena banyak hal yang belum aku kuasai dan kumengerti apa maksudnya dan cara penggunaannya tapi ndak apa-apalah. namanya juga belajar...jadi jangan buang-buang waktu lagi...segera ambil alat tulis dan lekas menulislah sapa tau tulisan ini nantinya kelak akan berguna dan bermanfaat baik diri sendiri maupun orang lain.

lihatlah penulis...penulis lain seperti  "Habibburahman Syaerozy" seorang penulis "Novel Ayat-Ayat Cinta" juga tak menyangka jika Novelnya "Ayat-Ayat Cinta" akan laris dipasaran dan dicetak berulang-ulang kali dalam waktu singkat.JK Rowling yang hanya seoarng guru miskin di inggris tak pernah bermipi jika buku "Harry Potter" akan mendunia padahal semula ia hanya menulis khayalan masa kecilnya.

Sungguh cerita yang menarik bukan dari seorang penulis biasa hingga menjadi seorang penulis luar biasa. oleh karena itu segeralah belajar menulis karena menulis itu mudah tak sesulit yang di bayangkan....maka cobalah...dan rasakan sensassi menulis...karena sebenarnya menulis itu nikmat...malah enak banget. bisa ngeluarin uneg-uneg kita atau ngeluarin ide-ide kita yang unik. Selamat berkarya, semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment