Saturday, October 29, 2011

Menanamkan Ide menjaga kesehatan, itu mudah.

Memang tidak salah ketika ada orang bilang seandainya ingin sehat kita harus hidup teratur. Hidup teratur memang dapat menjaga kesehatan kita atapun mencegah suatu hal-hal yang tidak di inginkan terjadi terutama penyakit. Siapa yang mau hidup sehat sebenarnya tidak sulit dan amatlah mudah tergantung mereka mau atau tidak menjalankannya karena dalam  menjalan hidup sehat kitah harus penuh komitmen, tekun dan di siplin dalam menjalankannya. Ini bertujuan agar merubah sistem pola makan kita yg berlebihan, gaya hidup yang tidak beraturan dan mendisiplinkan diri agar menjadi pribadi yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap manusia pasti mempunyai daya tahan penyakit yang berbeda-beda dan resiko terserang penyakitpun yang berbeda-beda pula oleh karena itu ini beberapa ide dan tips yang mungkin bisa ngebantu menjaga kesehatan tubuh kita.

*Membiasakan pola makan yg teratur
  • Minum air putih 8 liter dalam sehari atau setara denang 2 liter air, Rata-rata keluaran urin orang dewasa 1,5 L sehari. Air juga dapt keluar melalui pernafasan, keringat dan pergerakan usus. Makanan biasanya menyumbangkan 20% dari jumlah total yang diperlukan, jadi bila mengkonsumsi 2 L air (kurang lebih 8 gelas), maka cairan yang hilang akan tergantikan.
  • Makan makanan yg sehat contohnya seperti sayuran (makanan yang rendah kalori), buah buahan (Apel adalah anti oksidan yang sangat baik, kacang-kacangan (mengandung protein), susu rendah lemak dan ikan. Makanan tersebut di anjurkan tidak mengandung unsur-unsur berbahaya diantaranya, tidak mengandung zat kimia, tidak mengandung zat pewarna yang berbahaya dan tidak mengandung zat pengawet makanan.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak Vitamin dan mi neral agar terhidar dari berbagai penyakit.
* Membiasakan gaya hidup yang sehat
  • Jangan tidur terlalu malam atau kurangi bergadang, Tidur yang cukup manusia membutuhkan tidur 8 jam sehari untuk tidur dengan tidur yang cukup dapat menjaga daya tahan tubuh dan tidak mudah terserang penyakit.
  • Kurangi minuman beral kohol dan rokok, biasanya gaya hidup orang kota adalah suka merokok atau minuman beralkohol karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan jika di konsumsi secaara berlebih rokok dapat mnyebabkan kangker, penyakit jantung, stroke dan gangguan kolesterol, sedangkan minuman beralkohol dapat merusak syaraf, penyakit jantung, gairah sexual menurun, gangguan terhadap tubuh dan janin.
  • Mencari hiburan untuk menghilangkan stress , pusing karena tekanan pekerjaan. Dengan mencari hiburan mungkin kita akan menemukan sesuatu yang menarik yang membuat kita bisa tertawa dan terenyum bahagi.
3. Olah Raga yang teratur
  • Dengan berolah raga dimungkinkan badan kita akan segar kembali, peredaran darah lancar, terhindar dari berbagai  macam penyakit dapat mengurangi stress, meningkatkan gairah sexual dan membuat tubuh kita kembali fit untuk melakukan berbagai macam aktivitas dalam kehipan sehari-hari.
4. Dari segi finansial, ekonomi  dan sosial
  • Hidup berkecukukan patut di syukuri dari pada hidup yang serba kekurangan. kurangi rasa stress karena tekanan dalam rumah tangga atau pekerjaan dengan hiburan, serta hidup bersosialisasi yang baik dengan tetangga dalam bermasyarakat.
 Sebenarnya masih banyak lagi ulasan-ulasan yang lain, yang perlu di jabarkan supaya kita lebih memahami hidup sehat. Hidup sehat yang kita lakukan dalam sehari-hari mungkin dapat berdampak positif baik bagi diri kita orang lain ataupun masyarakat luas. Semoga artikel ini dapat di ambil manfaatnya.

0 comments:

Post a Comment